Kulit Bawang Bisa Jadi Pupuk Organik Tanaman, Begini Cara Mengol「European online betting」ahnya

  • 时间:
  • 浏览:0

JAKARTA, KOMPAS.com - TEuropean online bettinganaman membutuhEuropean online bettingkan nutrEuropean online bettingisi agar tetap European online bettingEuropean online bettingdapat hidup dan tumbuh dengan baik. Nutrisi tersebut diperoleh dari pupuk, baik pupuk organik maupun pupuk kimia.

Nah, bagaimana cara mengolah kulit bawang untuk pupuk tanaman? Dilansir dari Balcony Garden Web, Kamis (21/1/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: Bikin Tanaman Hias Rimbun dengan Pupuk dari Micin dan Air Cucian Beras

Jangan membuang kulit bawang, gunakan untuk membuat pupuk organik kaya kalium untuk semua tanaman Anda yang tumbuh di dalam atau di luar ruangan. Menggunakan kulit bawang sebagai pupuk akan meningkatkan ketahanan terhadap penyakit, pertumbuhan, batang yang kuat, dan produktivitas.

Banyak orang berpandangan pupuk organik lebih baik untuk tanaman ketimbang pupuk kimia, karena berasal dari sisa-sisa makhluk hidup, seperti tanaman maupun kotoran hewan. Pupuk organik tersebut dapat dijadikan pupuk padat, kompos, maupun pupuk cair.

Pupuk kulit bawang merah juga akan kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, dan tembaga.

Anda bisa membuat kompos kulit merah dan kulit bawang bombai dan mendapatkan kompos kaya nutrisi bagi tanaman. Untuk mengatasi baunya yang membusuk, kubur beberapa inci di dalam tumpukan kompos Anda.

3. Membuat pupuk dari kulit bawang

Gunakan sisa kulit bawang untuk mulsa. Kulit kering akan segera membusuk dan memperkaya tanah Anda dengan kalium dan kalsium.

Baca juga: 8 Pupuk Organik Terbaik untuk Tanaman, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Perlu diingat, hindari menambahkan kulit bawang ke dalam wadah pengomposan cacing Anda.

Untuk membuatnya, ambil 2-3 genggam atau semangkuk kulit bawang bombai dan rendam dalam 1 liter air selama 24 jam berikutnya.

1. Membuat kompos dari kulit bawang

Salah satu bahan yang dapat dijadikan pupuk organik adalah kulit bawang, baik bawang merah maupun bawang bombai. Sehingga, ketika Anda menggunakan bawang untuk memasak, jangan membuang kulitnya ke tempat sampah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

2. Membuat mulsa tanaman