Ulang Tahun Jakarta, Suda「Betting skills」h Pernah Coba 12 Makanan Betawi Langka Ini?

  • 时间:
  • 浏览:0
BBetting skillsaBetting skillsca jBetting skillsuga: Resep Pecak Lele Sederhana, Kuliner Betawi untuk Makan Bersama Keluarga

Pecak adalah olahan ikan air tawar dengan cita rasa asam, gurih, dengan perpaduan banyak bumbu. Biasanya pecak diolah dengan cara digoreng lebih dahulu baru kemudian ditumis.

Hingga kini masih banyak masyarakat asli Betawi yang tetap setia untuk mempertahankannya.

Berbeda dengan rawon yang sama-sama berwarna hitam, kuah gabus pucung lebih kental dan kaya bumbu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Namun banyak pula makanan khas Betawi yang sudah langka di pasaran sehingga sangat sulit untuk kamu temukan. Berikut ini kuliner khas Betawi langka yang masih bisa kamu temukan di Jakarta:

Pecak lele salah satu makanan khas Betawi yang ada di Bekasi, Pondok Gabus Lukman, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/1/2018).

Selain digoreng, pecak bakar Betawi juga terkenal menurut Budayawan Betawi, Yahya Adi Saputra. Namun sudah sulit untuk menemukan penjual pecak yang menggunakan teknik bakar ikan.



JAKARTA, KOMPAS.com – Kota Jakarta berusia 493 tahun pada 2020 ini. Salah satu hal paling identik dengan Jakarta adalah kebudayaan masyarakat Betawi.

Ikan gurame dan lele jadi jenis ikan yang cukup sering diolah dengan cara dipecak. Dalam istilah Jawa pecak adalah pecel atau pecek, yakni proses memecak (menekan dengan ulekan atau penyet).

Gabus pucung punya penampakan unik. Makanan ini punya kuah kental kehitaman yang dibuat dari buah pucung. Pucung adalah istilah Betawi dari buah keluak atau kluwek.

Makanan khas Betawi salah satu produk budaya, selalu punya sisi menarik untuk diulik. Kuliner Betawi punya sejarah panjang.

Baca juga: Kenapa Roti Buaya Identik dengan Pernikahan Adat Betawi?

Gabus pucung merupakan ikan gabus yang digoreng dan disiram atau dimasak lagi dalam kuah pucung.