Mengenal Bencana Vulkanik,「Football Handicap Analysis」 Jenis, dan Bahayanya

  • 时间:
  • 浏览:0

1. Awan panas

4. Lontaran material

KOMPAS.com - Bencana vulkanik FootbFootball Handicap Analysisall Handicap Analysisadalah bencana yanFootball Handicap AnalyFootball Handicap Analysissisg disebabkan oleh letusan gunung berapi. Berdasarkan kejadiannya, bahaya bencana vulkanik dibagi menjadi tiga macam, yaitu bahaya primer, sekunder, dan kolateral.

Awan panas adalah campuran material vulkanik panas yang terdiri atas gas dan batuan berat. Material ini terdorong akibat densitas tinggi. Suhu awan panas ini sekitar 300 hingga 700 derajat Celcius. Kecepatan awan panas adalah lebih dari 70 kilometer per jam.

Baca juga: Ahli: Erupsi Gunung Semeru Sangat Khas, yakni Tipe Strombolian

Lontaran material disebut juga dengan pijar. Ini terjadi ketika letusan sedang terjadi. Suhunya mencapai 200 derajat Celcius. Diameternya lebih dari 10 sentimeter. Materi ini bisa terlontar hingga ratusan kilometer.

Aktivitas vulkanik mengeluarkan berbagai gas beracun yang bisa mematikan jika terhirup. Beberapa gas tersebut antara lain belerang dioksida, radon, hidrogen sulfida, hidrogen flourida, dan asam sulfat.

Aliran lava adalah magma yang meleleh ke permukaan Bumi. Suhunya lebih dari 10.000 derajat Celcius. Akibat suhunya yang sangat panas, aliran lava akan merusak apapun yang dilaluinya.

3. Gas beracun

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Bencana alam yang ditimbulkan oleh aktivitas vulkanik di daratan adalah bahaya primer. Yang termasuk di dalam bahaya primer antara lain:

2. Aliran lava