Krisis Haiti Memburuk, Perdan「Baccarat platform」a Menteri Pecat Jaksa yang Menuduhnya Terlibat Pembunuhan Presiden Halaman 2

  • 时间:
  • 浏览:0

DapatBaccarat platformkan informasi, inspirasi dan insight di Baccarat platformemail kamBaccarat platformu.

Daftarkan email

Dia juga menulis kepada imigrasi untuk memberi tahu mereka agar tidak membiarkan Henry meninggalkan negara itu "karena dugaan serius terkait pembunuhan presiden".

Ekonominya yang bergantung pada bantuan adalah yang termiskin di Amerika. Lebih dari sepertiga warga Haiti menghadapi kerawanan pangan akut. Sementara sejumlah gangster mengubah sebagian besar ibu kota menjadi daerah terlarang.

Beberapa di kalangan pemerintah juga telah menyerukan dalam beberapa hari terakhir agar perdana menteri mengundurkan diri atas tuduhan tersebut.

Baca juga: Korban Tewas Gempa Haiti Tembus 2.200, Gangster Tawarkan Pengamanan Bantuan dari Pembajak

"Ini adalah tindakan yang aneh dan politis," kata Samuel Madistin, seorang pengacara untuk organisasi hak asasi manusia, kepada kantor berita AFP.

Masih belum jelas apakah perintah itu valid, karena konstitusi 1987 Haiti mengamanatkan bahwa jaksa hanya dapat ditunjuk atau dipecat oleh presiden, posisi yang masih kosong.

Dalam surat terpisah tertanggal Selasa (14/9/2021), ia menunjuk Frantz Louis Juste untuk jabatan tersebut.

Penolakan pemeriksaan Itu mendorong Claude menulis surat kepada hakim yang mengawasi penyelidikan pembunuhan Moise, untuk mendakwa Henry sebagai tersangka, pada Selasa (14/9/2021).

Beberapa ahli hukum menyatakan kekhawatirannya atas permintaan Claude agar Henry diinterogasi dan didakwa, melihat langkahnya sebagai penghalang independensi peradilan.

Kemudian masih pada hari yang sama, sepucuk surat dari Henry kepada Claude tertanggal Senin (13/9/2021) muncul. Isinya mengatakan dia memecat jaksa tinggi karena "kesalahan administrasi yang serius", tanpa rincian lebih lanjut.

Dekade ketidakstabilan politik, serta bencana alam, telah mengganggu perkembangan Haiti.