Isu Doping Atlet Pesaing Windy Cantika Aisah, Apa Itu Doping da「Sports Betting Network」n Risikonya?

  • 时间:
  • 浏览:0

Kasus isu doping seperti yang dirumorkan pada lifter China pesaing Windy Cantika Aisah, juga pernah terjadi di Olimpiade Sydney 2000, kata Hadi.

Baca juga: Butuh Banyak Energi Untuk Lomba, Begini Diet Sehat Ala Atlet Olimpiade

Dikutip dari BBC, (19/8/2015) doping adalah saat di mana atlet mengambil zat ilegal untuk meningkatkan performa mereka saat berkompetisi.

KOMPAS.com - Isu doping santer berhembus menerpa lifter China, Hou Zhihui. Atlet pesaing Windy Cantika Aisah ini diisukan menggunakan doping saat turun di kelas 49 kg angkat besi putri di Olimpiade Tokyo 2020.

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (28/7/2021), rumor itu ramai dibicarakan setelah diberitakan kantor berita India, Asian News Internasional (ANI) pada Senin (26/7/2021).

Menurut Hadi, kepastian mengenai kemungkinan lifter China menggunakan doping bisa ditunggu sekitar sepekan ke depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Atlet yang menggunakan doping dalam olahraga, umumnya untuk membuat agar performa atau penampilan mereka menjadi lebih baik saat bertanding dalam kompetisi olahraga.

Baca juga: Ahli Jelaskan Bagaimana Atlet Bisa Terkena Serangan Jantung

Hingga saat ini, seperti diberitakan Antara, Indonesia masih menunggu keputusan resmi Komite Internasional (IOC), Badan Anti-Doping Dunia (WADA), dan Panitia Penyelenggara Olimpiade (TOCOG) terkait hal tersebut.

Namun, sebenarnya apa itu doping, dan bagaimana risikonya terhadap kesehatan?

"Memang belum ada berita secara resmi," ucap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PABSI Hadi Wiharja.

Isu doping di antara para atlet di tengah perhelatan olahraga, yang dirumorkan digunakan pesaing Windy Cantika Aisah dari China, tidak hanya terjadi di Olimpiade Tokyo 2020.

Isu doping yang beredar tentang penggunaan obat-obatan ini yang dirumorkan kepada pesaing atlet angkat besi Windy Cantika Aisah, Hou Zhihui di ajang Olimpiade Tokyo 2020 adalah hal yang dianggap dapat merusak dunia olahraga.

Hou Zhihui meraih medali emas cabang olahraga angkat besi putri di kelas 49 kg di perhelatan Olimpiade Tokyo 2020.