Vaksinasi Tahap Kedua Indones「Yabo official website」ia, Apa Saja Efek Samping Vaksin Covid

  • 时间:
  • 浏览:0

"Yabo officiaYabo official websitel websiteefeYabo official websitek samping sistemik ini yang dilaporkan seperti demam, nyeri kepala (sakit kepala), rYabo official websiteuam kemerahan, dan berkurangnya nafsu makan," jelas dr Hendra menanggapi terkait vaksinasi tahap kedua di Indonesia pada kelompok lansia.

Lantas, seperti apa efek samping vaksinasi Covid-19 pada lansia?

Baca juga: Indonesia Masuki Tahap Kedua Vaksinasi Covid-19, Ini Syarat Penerima Vaksin

Selain efek samping lokal, juga terdapat efek samping sistemik yaitu efek yang dirasakan badan secara umum.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Priyama Hendra Gunawan, Sp.PD mengatakan sebelum pelaksanaan vaksinasi tahap kedua di Indonesia untuk kelompok lansia, dilakukan skrining ketat kondisi kesehatan lansia sesuai aturan yang disampaikan Kementerian Kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

"Efek lokal yang dapat terjadi seperti nyeri, kemerahan, gatal, dan bengkak. Nyeri ini efek samping yang paling sering dilaporkan," ungkap dr Hendra.

Terkait efek samping pascavaksinasi, dr Hendra menjelaskan berdasarkan studi yang diterbitkan tahun ini, efek samping vaksinasi terbagi menjadi dua, yakni efek samping lokal dan efek sistemik.

KOMPAS.com- Vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Indonesia, telah dimulai dengan menyasar pekerja publik dan kelompok lanjut usia (lansia).

Target vaksinasi tahap kedua ini diharapkan dapat menyasar 38.513.446 orang dan diperkirakan akan selesai pada Mei 2021 mendatang.

"Pedoman dari Kementerian Kesehatan dan perhimpunan dokter spesialis penyakit dalam telah menganjurkan penggunaan kuesioner rapuh untuk skrining vaksinasi pada lansia," kata dr Hendra saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/2/2021).

Vaksinasi Covid-19 pada lansia berusia di atas 60 tahun juga telah dimulai dengan aturan dan skrining yang diharapkan tidak memberikan efek samping buruk bagi kelompok rentan ini.

Antara lain, efek samping lokal yang biasanya dirasakan langsung di bekas lokasi suntikan vaksin.

Baca juga: BPOM: Efek Samping Vaksin Covid-19 CoronaVac Bersifat Ringan hingga Sedang