Suhu Jogja dan Ja「Football Handicap Knowledge」teng Kian Panas, Ini Penjelasan BMKG

  • 时间:
  • 浏览:0

BFootball HaFootball HandFootball Handicap Knowledgeicap Knowledgendicap KnowledgeeFootbFootball Handicap Knowledgeall Handicap Knowledgerikut penjelasan dari BMKG terkait penyebab peningkatan suhu yang semakin panas di DIY dan Jateng:

Analisis diambil dari hasil pengumpulan data rata-rata suhu udara selama 30 tahun sejak 1990.

"Ternyata memang ada korelasi khusus antara penutup lahan dengan kenaikan suhu,” kata Dwikorita, melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (11/10/2021).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, kenaikan suhu tidak terjadi secara merata, tapi tengah wilayah daratan mengalami kenaikan lebih tinggi dibandingkan pesisir.

Dwikorita menambahkan, saat ini BMKG tengah mengupayakan pengumpulan data lebih jauh ke belakang yaitu selama kurun waktu 50 tahun guna melihat signifikan perubahannya.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengamati peningkatan suhu yang semakin panas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Selain dikarenakan peningkatan emisi rumah kaca, kondisi ini terjadi akibat tingginya laju perubahan penggunaan lahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Secara mikro di Kawasan Gunung Merapi, kenaikan suhu udara di sekitar wilayah Merapi ada tren kenaikan selama 30 tahun sebesar 0,7 derajat Celcius.

Baca juga: Penjelasan BMKG soal Suhu Dingin di Malam Hari Akhir-akhir Ini

Selain di Kawasan gunung Merapi, tren suhu di perkotaan dipantau dari stasiun menunjukkan tren kenaikan temperatur khusus Kota Jogjakarta dari tahun 2007.

Temperatur rata-rata di Jawa Tengah dan Yogyakarta mengalami tren kenaikan selama 30 tahun terakhir.