Gempa Majene, Ini「Indonesia Gaming」 Update Dampak dan Data Terkini dari Basarnas

  • 时间:
  • 浏览:0

KOMPAS.com - Gempa beInIndonesiIndonesia Gaminga Gamingdonesia GamingrkekuaIndonesia Gamingtan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, pada Jumat (15/1/2021) dini hari.

Baca juga: BNPB: Gempa Majene, Warga Rasakan Guncangan Kuat hingga 7 Detik

Hingga saat ini, masyarakat masih berada di luar rumah untuk mengantisipasi adanya gempa susulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Gempa yang terjadi merupakan gempa susulan yang selumnya terjadi pada Kamis (14/1/2021) siang dengan magnitudo 5,9.

Jumlah tersebut masih bisa bertambah, mengingat saat ini masih dilakukan proses pendataan.

Berdasarkan data terkini dari Badan SAR Nasional (BASARNAS) yang diterima Kompas.com, Jumat (15/1/2021), tercatat gempa itu mengakibatkan 3 orang meninggal dunia dan 24 orang lainnya luka-luka, serta 2.000 warga mengungsi.

Sementara itu, kerusakaan juga terjadi di Kabupaten Majene dan mengakibatkan longsor di 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju dan memutus akses jalan.

Di Kabupaten Majene, gempa juga membuat sejumlah bangunan rusak, yaitu Hotel Maleo, Kantor Gubernur Sulbar, rumah warga, dan jaringan listrik padam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju, dan Kabupaten Polewali Mandar sampai saat ini masih melakukan pendataan dan mendirikan tempat pengungsian.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa berada di 6 kilometer timur laut Majene dengan kedalaman 10 kilometer.

Tercatat ada 62 unit rumah, 1 unit puskesmas, dan 1 Kantor Danramil Malunda mengalami kerusakan.