Apa yang Terja「Baccarat Super Sum」di Setelah Herd Immunity Tercapai? Ini Penjelasan Epidemiolog

  • 时间:
  • 浏览:0

Di BBBaccarat SBaccarat Super Sumuper Sumaccarat Super Sumaccarat Super Sumsamping itu, vaksinasi serta surveilans berupa testing, tracing, dan treatment juga perlu untuk digencarkan lagi.

Akan tetapi, selama herd immunity belum terjadi, Dicky berpesan agar masyarakat tetap melakukan perlindungan diri seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Lantas, apa yang terjadi setelah herd immunity tercapai?

"Kalau herd immunity sudah tercapai, ya penyakit itu akan sangat kecil potensi menjadi wabah lokal atau kejadian luar biasa," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/7/2021).

"Kalau saya pikir sih mestinya bisa," ujarnya dalam acara B-Talk Kompas TV, Selasa (20/7/2021).

Luhut mengatakan, pada daerah-daerah utama seperti Jakarta dan Bali pun tingkat vaksinasi sudah tinggi, sehingga diyakini herd immunity di kedua wilayah tersebut bahkan akan tercapai pada September 2021.

"Seperti misalnya polio, kan itu herd immunity sudah tercapai, kemudian campak. Kecuali ada kantong-kantong infeksi atau daerah-daerah yang belum tercapai target vaksinasinya," imbuhnya.

Optimisme itu sejalan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang terus di genjot pemerintah.

Baca juga: [HOAKS] Memasukkan Bawang Putih ke Hidung Bisa Keluarkan Cairan dari Paru-paru akibat Covid-19

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan optimistis, kekebalan kelompok atau herd immunity bisa tercapai pada akhir 2021.

Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman mengatakan, setelah tercapai herd immunity artinya penularan akan terhambat karena sekelompok populasi kebal terhadap penyakit itu.

Baca juga: Viral, Video Bawang Putih Diklaim Bisa Keluarkan Cairan dari Paru-paru, Benarkah?