BPOM Jelaskan Perkembang「Betting Platform Collection」an Vaksin Covid

  • 时间:
  • 浏览:0

1. Keamanan vaksin

Perkembangan vaksin terkBetting Platform Collectionait keamaBetting Platform Collectionnan vaksin Covid-19 diBetting Platform Collectionperoleh dari data uji praklinik pada hewan dan uji klinik fase 1 pada manusia.

"Saat ini Badan POM telah memasuki tahap akhir evaluasi hasil uji klinik," kata Dr Ir Penny K Lukito MCP selaku Kepala Badan POM RI, dalam media briefing bertajuk Pengawalan Keamanan, Khasiat dan Mutu Vaksin Covid-19 Sebelum dan Sesudah di Peredaran, Jumat (8/1/2021).

Sebelum secara resmi dikeluarkan izin edar dan penggunaan atau Emergency Use Authorizathion (EUA) dan disuntikkan ke masyarakat, maka vaksin harus memenuhi kemanan, khasiat dan mutunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Jika dinyatakan aman, maka dilanjutkan ke uji klinik fase 2 dan 3. Data keamanan dipantau sampai 6 bulan paska penyuntikan vaksin.

Proses evaluasi akan dilakukan Badan POM bersama Komite Nasional Penilai Obat yang beranggotakan pakar farmakologi, teknologi farmasi dan klinisi, dan juga Tim Ahli Imunologi dan Vaksin yang tergabung dalam Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). 

Penny berkata, evaluasi data dilakukan sejak Oktober 2020 bersama tim Komnas Penilai Obat terhadap data-data yang sudah didapatkan.

Untuk percepatan evaluasi, BPOM menerapkan rolling submission atau penyampaian data oleh Industri Farmasi secara bertahap. 

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Baca juga: Apa Syarat BPOM bisa Terbitkan Izin Vaksin Covid-19?

Apa saja yang dinilai dalam evaluasi oleh Badan POM ini?

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Kita peduli, pandemi berakhir!

KOMPAS.com- Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) menyampaikan informasi terbaru tentang perkembangan vaksin Covid-19 yang saat ini sedang dalam tahapan evaluasi.